Monday, February 22, 2010

Pencarian Pantai Terindah -part 2-

First Travel : Balikpapan

Day one, Wednesday February 17th 2010

Hari ini gw akan memulai perjalanan pencarian pantai terindah, kota pertama yang akan gw datangi adalah Balikpapan. Rencananya gw bakal ngambil penerbangan jam 16.30 dengan maskapai Airfast, jadi paginya masih bisa ngantor dulu.

Hari Rabu pagi, gw memulai hari dengan crowded. Bos minta dibuatin request to contract buat orang Supply Dept, superior minta gw bikin tender concrete spillway dam, gw harus ke lapangan buat cek volume pekerjaan kontraktor, trus ada beberapa quotation yang harus dicek. Bukan pekerjaan sulit sih… tapi banyak banged! Pake D!

Gw mulai dengan ke lapangan buat bikin estimasi volume tender dan cek hasil kerjaan kontraktor. Ada tiga lokasi yang harus gw cek, dan lokasinya cantik semua. Ini salah satu lokasinya, Danau Meranti :

Hati kecil gw terpanggil untuk berenang mengarungi danau ini, satu-satunya hal yang mencegah gw hanyalah keberadaan buaya-buaya di tengah danau yang siap mencabik-cabik badan gw dalam hitungan detik.

Gw melanjutkan perjalanan sambil ngecek beberapa lokasi pekerjaan lain, gak terasa waktu sudah menunjukkan jam makan siang, dan gw baru balik ke kantor setelah jam 1.

Di depan komputer, gw dihadapkan kenyataan bahwa pekerjaan-pekerjaan yang menumpuk tadi belum ada yang selesai, belum lagi ada tambahan-tambahan pekerjaan lainnya. Gw mau kerjain, tapi ada email dari Tri anak contract mining, “Eh… gimana kalau kita jalan-jalan ke Wakatobi?” Dengan happy gw bales-balesan email mengingat prospek foto gw di-tag di facebook dengan jumawa dalam keadaan diving pose erotis.

Gak terasa waktu sudah menunjukkan jam 3, gw tambah panik karena waktu check in gw jam ½ 4, walhasil gak ada yang gw kerjain satu pun. Gw melarikan diri dari tanggung jawab dengan ngasih semua pekerjaan ke partner gw, Reagen. Reagen menerima dengan pasrah, tapi penderitaannya gak berhenti sampai di situ aja, karena gw paksa dia nganter ke bandara.

Setelah ngambil tas dan ganti baju sebentar di kosan, gw berangkat ke bandara. Gw berangkat menuju Balikpapan dengan pesawat Casa 212-200 buatan tahun 1982. Cukup menakutkan berhubung pesawat ini umurnya lebih tua dari gw. Waktu take off sih lancar, tapi terbang dengan pesawat kecil ini, gw agak bermasalah dengan altitude, beberapa kali telinga gw terasa tertekan, mungkin telinga gw terlambat melakukan penyesuaian tekanan udara akibat perubahan tekanan udara yang ekstrem secara mendadak.

Tapi untungnya gw merasakan itu ketika sudah mau landing di Bandara Sepinggan, Balikpapan, jadi gak terlalu parah. Berhubung biaya penerbangannya cukup mahal, gw menyempatkan diri mejeng di depan kokpit. Lumayan… sapa tau bisa meningkatkan harga diri kalau dipasang sebagai profile pic di facebook.

Sesampai di bandara, gw melanjutkan perjalanan ke hotel. Ada 2 alternatif, naik taksi langsung, atau naik angkot. Perbedaan harganya tipis aja, tapi selalu ada hal yang berbeda ketika naik angkot. Berbaur dengan berbagai lapisan masyarakat, asap knalpot hitam kendaraan di depan yang kadang menerpa kita, melihat suasana kota dengan lebih leluasa dari jendela, bener-bener menimbulkan sensasi tersendiri.

Gw naik angkot 2 kali, ke Mal BP dengan angkot no. 7, trus naik angkot no. 6 ke hotel. Rencananya gw bakal nginep di Adika Hotel Bahtera. Gw cek rate-nya untuk standar room, USD 102.85 / day. Mmmm…. kalau gw ganti rencana minum kopi di Starbuck dengan beli kopi sachet ketengan di warung depan, trus gw kurangi biaya kuliah calon anak gw, trus gw pending rencana pembelian polo Fred Perry, oke! Gw ambil kamar di sini buat 2 hari.

Gw tanya resepsionis jam berapa dinner dimulai? Tapi dia bilang kalau fasilitas hotel cuma breakfast doang, amit-amit, perasaan waktu gw nginep di Elaf yang sama-sama bintang 3 dapet dinner juga ah…

Gw putusin buat cari makan di Plaza Balikpapan yang terletak persis di depan hotel. Pertamanya gw mau makan di Food Court Pasifica lantai 3. Tapi kok gak ada tamunya ya? Kecurigaan gw makin bertambah setelah dari beberapa menu yang gw pesan, waitress-nya bilang gak ada. Ketimbang keadaan bertambah parah, gw cancel semua pesanan gw trus lari tunggang langgang ke Solaria di lantai bawah.

Gw makan dengan nyaman, setelah itu gw ke Royal Warehouse buat cari celana renang. Barang yang gw cari gak ada, tapi gw keluar sambil nenteng kantong belanja isi sandal jepit Airwalk. Padahal sandal jepit gw udah ada 4 biji, parah! Memang sulit ngindarin godaan belanja, gw bikin notes di HP kalau gw bakal ngurangi anggaran biaya kuliah calon anak kedua gw buat biaya hidup gw di Balikpapan sekarang ini.

Setelah itu gw nyempatin diri buat liat-liat konter Crocs, Hammer, Giordano, Absolute Surf, Sport Station dan konter-konter jam tangan Kenneth Cole & Swatch yang gak bisa tiap hari bisa gw lihat di kota tempat gw kerja. Cukup menimbulkan inspirasi, waktu sudah menunjukkan jam 9, dan gw kembali ke hotel untuk istirahat.