Sunday, May 2, 2010

Pencarian Pantai Terindah -part 29-

Jam ½ 9, kita kembali ke pantai untuk snorkeling di Taman Laut Lovina yang terletak sekitar 50 m dari pinggir pantai. Sesampainya di sana, si kapten kapal menebarkan serpihan pisang rebus yang langsung dikerubungi puluhan ikan tropis warna-warni.

Dengan gembira kita menceburkan diri ke dalam air. Kita melakukan snorkeling sambil menebarkan serpihan-serpihan pisang rebus di dalam air. Belasan ikan kecil langsung mengerubungi tangan kami. Ikan di sini relatif lebih ramah dibandingkan ikan di Bunaken. Mereka dengan santai dan sabar mematuki tangan kami memakan serpihan-serpihan pisang yang kami sebar.

Sangking cueknya, waktu gw berenang, tiba-tiba tangan gw dipatuk ikan, padahal gw gak megang makanan apa-apa. Gw menjerit kaget! Langsung gw tampar ikan itu, eee… dia ngindar. Emang jago tuh ikan, nanti kalau dia naik ke darat, gw bakal bikin perhitungan!

Walau tidak seluar biasa Bunaken, Lovina tetap menawarkan pesona taman laut yang indah. Puluhan Ikan Kupu-kupu berenang mengitari terumbu-terumbu karang. Sementara Nemo –Ikan Badut- bermalas-malasan di antara anemon laut. Ada juga Ikan Gobi yang berenang cepet kayak firebolt. Gw bener-bener antusias ketika bisa berenang bersama puluhan Ikan Lolosi yang seolah gak terganggu oleh kehadiran gw. Mungkin kalau gw bisa bahasa ikan, udah gw sapa.

Gw : “Mau pada ke mana lu smua Jack?”

Lolosi : “Embassy chuy… mumpung malming, mau goyang-goyang dulu kitah”

Gw : “Ok, see u later there”

Kita tos.

Ada banyak ikan tropis lain yang gak gw kenali jenisnya, secara gw anak teknik sipil, bukan sarjana perikanan. Tapi ada beberapa ikan unik yang gak sempat gw lihat di Bunaken, tapi ada di sini. Ada Ikan Biji Nangka yang punya sepasang jenggot kayak aktivis Salman, dan yang paling spektakuler, ada Ikan Sako yang bertubuh panjang, ramping, runcing, kayak jarum besar! Rasanya pengen gw pegang trus gw mek-mek, emph… emph… emph…

Tak terasa sudah sejam kita snorkeling, sudah saatnya kita kembali ke darat untuk melanjutkan perjalanan.


Setelah mandi, packing, dan check out, kita bersiap melanjutkan perjalanan ke destinasi selanjutnya, masih di Bali Utara: Kintamani!! Sebelum berangkat, kita menyempatkan diri untuk berfoto di Monumen Lumba-lumba di Lovina Centre. Dengan latar belakang laut di sebelah utara, monumen ini melambangkan daya tarik utama Pantai Lovina yang indah ini.



No comments: