Friday, March 18, 2011

Honeyventuremoon - Tour de Flores - part 6

Pantai Batu Hijau

Menjelang jam 1 siang, kita sampai di Pantai Batu Hijau. Yang istimewa, di pantainya banyak terdapat batu-batu hijau yang tersebar di sepanjang pantai. Kayaknya warna hijau batu-batu di sini akibat kandungan kimianya yang unik.Tiap hari banyak pengumpul batu yang menjual batu-batu dari sini ke pedagang yang membawa truk menuju Bali.

Dari Pantai Batu Hijau, kita melanjutkan perjalanan ke Riung. Di tengah perjalanan, kita mampir sebentar di Mbay, yang bentuk topografinya landai dikelilingi gunung kayak Bandung, dan setelah itu baru ke padang rumput Riung. Kata Mat kalau pas musim kemarau, tanahnya kering. Lucky us kita dateng pas musim hujan. Hamparan rumput hijaunya luar biasa! Beberapa kuda dan sapi merumput bebas di sini. Feels like in Texas mamene…

Mbay

Padang Rumput Riung

Waktu Magrib, kita tiba di Riung dan menginap di Losmen Nirwana, losmen ala Robinson Crusoe yang berbentuk bungalow dengan kamar mandi terbuka Apa boleh buat, Riung cuma desa kecil, gak terlalu banyak pilihan di sini.

Sebelum tidur kita makan malam di Rumah Makan Murah Meriah (kayaknya satu-satunya restoran di sini ). But anyway, ikan bakarnya enak! Banyak hal-hal bagus di Riung ini. Sayang kalau di Flores kita langsung direct dari Kelimutu ke Labuan Bajo.

Di Labuan Bajo, kita bisa menginap di pulau Kanawa. Orang Flores bilang: “Jika Kanawa Adalah Surga (Maka) Riung Adalah Nirvana…”