Sunday, March 7, 2010

Pencarian Pantai Terindah -part 10-

Night – Wisata Malam

Setelah temen-temen cewe Mamat pulang, salah seekor makhluk di antara kita memamerkan keahliannya dalam hal merayu cewe. Dia dapet no hp cewe, setelah 15 menit cuap-cuap, dia sukses ngajak cewe itu jalan bareng kita sama temen-temennya yang lain.

Kita janjian bakal jemput mereka jam 9 malem. Supaya agak wangi, kita nebeng mandi di kosan Mamat berikut nyemprotin parfum supaya aura kita bertambah elegan. Sayang gw cuma bawa Axe Dark Temptation. Hugo Boss Energise gw tinggal di kosan karena gw gak ngira ada kesempatan buat jalan sama cewe di sini.

Setelah jemput mereka, kita makan di Coto Daeng Bagadang yang terkenal berdasarkan rekom temen dari Pinrang. Entah ya, buat gw pribadi rasanya sih standar. Tapi lumayan lah kita agak terhibur dengan kehadiran cewe-cewe itu.

Habis makan kita karaoke-an di Rumah Bernyanyi Keluarga NAV di deket Mall Panakukkang. Gw gak terlalu suka karaoke, tapi kok gw rasa ada benih-benih cinta yang tumbuh di antara Marco & cewe berinisial J ya? hehehe…. Sayang waktu kita di Makassar terlalu singkat.

Waktu sudah menunjukkan jam 12 malem, gw udah males pengen istirahat. Tapi Reagen pengen sekalian jalan ke Malino, gw nurut aja dan kita akhirnya berangkat. Jam 1 malem, kita masih puter-puter nyari jalan, akhirnya daripada ada apa-apa, kita puter balik ke Makassar.

Acara semakin gak jelas, Marco yang bawa mobil sempet bawa kita ke Pantai Akkarena sama Pantai Losari. Akhirnya cewe-cewe itu keburu ngambek, kita anter pulang, dan kita balik ke Wisma Jampea buat istirahat.

Satu hari berlalu di Makassar, besok masih ada satu hari tersisa, dan akan gw manfaatin buat mencari satu pantai lagi.

Day Four, Sunday - February 28th 2010

Morning – Samalona Island

Hari terakhir kita di Makassar, rencananya kita mau nyebrang ke Pulau Samalona. Berhubung waktunya mepet karena kita ngejar flight Merpati ke Balikpapan jam 3 sore, menjelang jam 7 pagi gw udah tamparin anak-anak supaya bangun. Gak berapa lama semua udah siap dan kita turun ke Pantai Losari dulu buat cari makan.

Kita pilih makan di Rumah Makan & Café 999 yang terletak di pinggir pantai, Jalan Pasar Ikan. Jalan ini mirip Jalan Legian atau Jalan Pantai Kuta, di sepanjang jalan banyak berderet café, rumah makan, hotel, sama tempat-tempat hiburan. Uniknya, di hari minggu jalan ini ditutup dari kendaraan bermotor, jadi warga dan turis bisa bebas beraktivitas di sepanjang jalan Pantai Losari.

Marco sama Tri pesen Es Pallu Butung sementara gw pesen Es Pisang Ijo buat cemilan khas sini, sementara makan beratnya mereka pesen bubur ayam, gw bakso. Begitu dianter, Es Pallu Butung & Es Pisang Ijo-nya gak ada, terpaksa kita makan makanan yang bener-bener biasa aja. Oh yeah great… sekalian aja nanti makan siangnya Indomie pake telor setengah mateng.

Habis makan kita ke Pantai Losari buat cari perahu penyeberangan, kemaren malem Tri ditawarin buat nyebrang dari sini dengan biaya 500 rebang. Waktu kita cek, di Pantai Losari cuma ada paddle boats bentuk bebek. Nyebrang ke Samalona pake ini? Sebelum sampe Samalona gw udah keburu kelojotan duluan.

Akhirnya kita ikutin petunjuk Lonely Planet ke dermaga penyeberangan di depan Ford Rotterdam. Harga standar nyebrang 200rb, tapi beberapa calo yang nyegat kita nawarin 300rb, itu pun setelah kita nawar dengan gigih dari harga awal 400rb. Tri nyalahin setelan gw yang kayak turis kaya dengan celana kargo & tas Converse ngejreng. Gw balik nyalahin Tri sama Marco karena mereka nenteng kamera pro yang bikin tampang mereka kayak turis yang mudah ditipu.

Kita pura-pura cuek dan pura-pura foto-foto di dermaga. Sambil foto Tri nanya harga standar nyebrang ke orang sebelah yang kayak penduduk lokal mau nyebrang. Dia bilang 250rb, ternyata e ternyata… dia bosnya perahu-perahu penyeberangan. Dengan gemilang dia nyuruh calo yang nguntit kita buat nganter dengan biaya 250rb, padahal dari tadi dia ngotot 300rb. Yah lumayan lah, sama-sama rugi 50rb, hehe.

Cuma butuh waktu 20 menit buat nyebrang ke Samalona, itu pun agak lama karena kita transit di Pulau Lae-Lae buat isi fuel dan pemilik perahu manfaatin kesempatan ini untuk ngangkut keluarganya di Pulau Lae-Lae buat sekalian jalan-jalan keluarga ke Samalona.

Sesampainya di sana, kita disambut hamparan pasir putih cantik di sekeliling pulau kecil ini. Mungkin cuma butuh 5 menit buat menjelajahi pulau kecil ini. Dasyatnya, di sini semua dihargai sama uang. Begitu sampe, kita sudah dihadapkan sama papan nama di dermaga bertuliskan nama-nama pemilik Pulau Samalona. Turun dari dermaga, beberapa ibu-ibu nawarin sewa kacamata snorkeling sama sepatu katak. Itu masih wajar, yang gak wajar buat duduk di bale-bale sepanjang pantai aja kita kudu bayar? Amit-amit deh…

Tapi hal itu gak mengurangi keindahan Samalona, pulau ini tersusun dari pecahan karang dan ditumbuhi beragam vegetasi, serta memiliki pasir putih yang menghampar luas dan bersih.

Kita snorkeling di sebelah utara pulau yang merupakan perairan dangkal yang agak jernih. Perairan ini punya karang dan koral yang lumayan bagus di mana ikan berwarna-warni menari-nari. Gw coba tangkepin tapi cepet banget mereka ngindar, gw bikin notes di HP supaya gak lupa bawa bom ikan kalau ke sini sekali lagi.

Selesai snorkeling, kita jalan ke deket dermaga, ada private resort bagus di sebelah dermaga, katanya punya seorang pengusaha dari Makassar. Dengan cuek kita ke sana dan sempet mejeng beberapa lama, sebelum lari tunggang langgang gara-gara pemilik resort-nya keluar.

Tapi secara umum, gw bisa bilang kalau kecantikan Samalona ini satu di antara seribu, gw harap gw bisa kembali lagi ke sini.

Rest of Day– the way to go home

Kita kembali ke Makassar menjelang siang, habis itu kita bersiap pulang. Sayangnya sebagian besar jalan ditutup karena ada arak-arakan pawai puncak Imlek. Terpaksa kita cancel rencana makan di Konro Bakar Karebosi dan rencana cari oleh-oleh di Jalan Somba Opu.

Positifnya, kita jadinya beli oleh-oleh di Toko Hawai di Jalan A.P. Pettarani yang harganya relatif lebih murah daripada beli di pusat oleh-oleh Jalan Somba Opu. Pilihannya gak terlalu banyak, but at least bisa membungkam jerit kelaparan temen-temen kantor yang menuntut oleh-oleh.

Jam 2 kita sudah sampai di Bandara Sultan Hasanuddin. Bad news, pesawatnya delay dan baru bisa take off 4 jam kemudian. But never mind, kalau semua terasa perfect, gw takut jadi to good to be true :-p

Kita landing di Bandara Sepinggan jam 7 dan sudah ditunggu mobil rentalan yang siap mengantar kita kembali ke kenyataan. Kami pulang dengan damai, tapi buat saya petualangan ini belum berakhir. Masih terlalu cepat diakhiri, dan semilir nyiur di Pulau Belitung masih menungguku di sana.