Friday, March 5, 2010

Pencarian Pantai Terindah -part 5-

Second Travel : Makassar


Day One, Thursday - February 25th 2010


Tak terasa waktu telah menginjak akhir Februari, gw akan melanjutkan perjalanan “Pencarian Pantai Terindah” di kota selanjutnya, Makassar. Kepergian gw berbau kenekatan, karena bertepatan dengan pengerjaan Monthly Report. Tapi berhubung separuh jiwa gw udah berenang mengarungi ombak pantai Losari, dengan tega gw kirim laporan setengah jadi ke bos dengan memberikan cacatan : “Terlampir draft Monthly Report bulan Februari 2010, laporan akan saya update lagi pada waktu yang akan ditentukan kemudian”.

Menjelang siang gw cabut dari kantor ngejar penerbangan ke Balikpapan maskapai Airfast jam 13.35. Sebenernya gw agak trauma dengan penerbangan pesawat kecil semacam Cassa 212-200 ini, tapi apa boleh buat? Ini satu-satu moda transportasi buat nyuri start ngejar penerbangan komersial sore atau malam, dan terbukti setelah setengah perjalanan, gw mengalami gangguan altitude lagi.

Jam 14.30 pesawat landing dengan sukses, dan berhubung penerbangan Balikpapan-Makassar gw masih jam 16.40, gw menggabungkan diri dengan teman-teman sekantor yang kebetulan di bandara Sepinggan dalam rangka keberangkatan cuti.

Aktivitas dimulai dari mengantri ATM ngecek gaji yang secara spektakuler sudah masuk ke rekening kita masing-masing, padahal harusnya baru masuk setelah tanggal 27. Mendadak kecintaan kita terhadap perusahaan tumbuh kembali, dan kita sepakat menunda rencana melamar kerja ke BHP Billition Austali.

Tiba-tiba ada seekor makhluk yang berinisiatif ngajak nongkrong di coffee shop dekat terminal keberangkatan. Gw sih gak keberatan, cuma kalau mau nongkrong di bandara, preference gw di resto franchise kayak bakso Lapangan Tembak Senayan dll yang harganya kita tau standarnya. Tapi ya sud lah…

Kita duduk di pojokan coffee shop, di lokasi yang strategis untuk mengamati gadis-gadis yang lalu lalang di sekitar bandara dengan pandangan tidak senonoh. Untuk menutupi rasa gak enak terhadap pemilik coffee shop, anak-anak pesen teh kotak masing-masing satu. Gw bingung, kalau mau beli teh kotak, kenapa gak beli di warung rokok ketengan? Kenapa harus di coffe shop? Gw pesan menu yang lebih relevan, es campur.

Perbincangan anak-anak berkisar seputar topik ekonomi personal, seperti alokasi pengeluaran, investasi dll yang bikin gw gak tertarik. Buat gw, kalau uang sudah waktunya keluar, ya biarkanlah. Gak perlu dipikirin lagi, yang penting gimana kita mikir untuk mendapatkan more money… more money… and more money…

Berhubung waktu check-in hampir tiba, kita bersiap cabut. Dalam sesi pembayaran, gw langsung stroke ngeliat harga es campur gw 20 rebang!! Padahal disajikan ala es campur gerobak dorong, tapi harganya jauh lebih fantastis dibandingkan es teler 77. Kayaknya gw gak akan nongkrong di sini lagi deh… males…

Setelah check-in, kita pisah di lokasi boarding, temen gw naik Citilink ke Surabaya, gw naik Merpati ke Makassar. Pesawat yang gw tumpangi Boeing 737-300, nampak sudah agak tua, dan dasyatnya, begitu masuk pesawat, rasanya sumpek banget, sumuk, kayak bis ekonomi! Ada suara balita nangis keras-keras di belakang, berikut bapak-bapak di sebelah kayaknya hobi banget bersin, hachah-hahcih-hachuh… Bawaannya jadi pengen gamparin orang mulu. Keadaan diperparah dengan matinya AC yang baru dinyalakan ketika pesawat lepas landas.

Penumpang lain nampak biasa aja, bisa jadi karena slogannya, mau enak kok minta murah? Gw cuma bayar IDR 380,000 buat satu kali trip, murah banged! Pake D! Duit segitu biasanya gak cukup buat satu kali pasang taruhan sabung ayam.

Di tengah perjalanan, kita dapet compliment mie kotak dengan lauk udang goreng. Untuk ukuran penyajian, sama sekali tidak berkelas, tapi rasanya asli enak banget! Gw sampe ketagihan, kapan-kapan makan siang di Merpati lagi ah…

45 menit kemudian pesawat landing di bandara Sultan Hasanuddin. Bandara ini berubah banyak setelah terakhir kali gw ke sini tahun 2008. Dulu waktu ngejar flight Garuda paling pagi ke Jakarta dari sini, gw pernah panik gara-gara kebelet, mana kamar mandinya cuma ada satu, ngantri pula. Terpaksa gw nyosor ke kamar mandi cewe diiringi pandangan tidak ridho ibu-ibu sana. Untuk meredam emosi, gw bilang ke ibu-ibu tadi kalau gw gak keberatan kalau dia masuk ke kamar mandi cowo.

Sekarang sudah jauh lebih baik, mungkin bisa dibilang salah satu bandara paling mewah di Indonesia bersama terminal 3 Soekarno-Hatta & bandara Juanda. Kalau dulu gw harus naik-turun tangga ke pesawat dari taxiway, sekarang semua pesawat dikasih belalai, jadi gw bisa keluar pesawat dengan elegan langsung ke terminal kedatangan. Gw sempetin foto di depan bandara, siapa tau foto gw bisa jadi cover miss July 2010.


Dari bandara, gw naek DAMRI jurusan Makassar Mall, sebelum sampai destinasi akhir, gw turun di jalan buat melanjutkan perjalanan dengan pete-pete (angkot) ke Terminal Sungguminasa.

Target gw malem ini harus nyampe Malino, “Puncak-nya” Makassar, supaya keesokan paginya bisa menikmati hutan pinus berhawa dingin, jalan-jalan ke kebun markisa sama ke air terjun Takapala.

Perjalanan ke Terminal S. Minasa terasa kayak never ending journey, kok gak nyampe-nyampe ya? Padahal dari sana gw masih harus naek pete-pete lagi ke Malino yang gosipnya butuh waktu tempuh 1 ½ s.d. 2 jam perjalanan. Gowa ternyata gak sedekat gambaran peta tentengan gw yang gw estimasi jaraknya cuma satu jengkal tangan.

Akhirnya jam 9 malam gw nyampe perempatan menuju Malino sebelum terminal, gw turun dan berinisiatif nanya moda transportasi apa menuju ke sana. Gw tanya supir pete-pete tadi, dia bilang tinggal naek pete-pete warna merah. Gw tanya om-om di pinggir jalan, dia nyuruh gw cari mobil ke Malino, mungkin semacam angkutan plat hitam. Gw jadi bingung, gw coba tanya ke orang yang lagi markirin mobil yang nampak lebih berpendidikan, dia nyuruh cari angkutan ke ujung perempatan.

Akhirnya gw milih nanya ke polantas sambil minta maaf kalau gw ganggu sebentar aktivitas pertilangan dia, dia bilang angkutan terakhir ke Malino itu magrib, jam segini sih udah gak ada. Apa boleh buat, gw terpaksa kembali ke Makassar. Untung ada temen yang kerja di Makassar, kita janjian ketemuan di Panakukkang Mall.

Habis ketemuan, kita naik taksi buat cari makan, rekomendasinya Mie Titi di jalan Irian yang jual mie kering makassar. Rasanya aneh tapi enak, katanya orang di sini demen makan pake jeruk nipis. Jangan-jangan kalau ngeliat kobokan pake jeruk nipis, ditenggak juga tanpa ampun.

Udah jam ½ 12, gw akhirnya dianterian cari penginapan. Gw pilih Wisma Jampea berdasarkan rekomendasi temen gw yang pernah backpacker ke sini. Motelnya bagus, bersih, cuma IDR 200,000 per malam, dapet kamar mandi dalam, diskon 20% pula. Gw tidur dengan nyenyak setelah sebelumnya mandi di bawah kucuran shower air panas sambil nyanyi Garuda Pancasila.

No comments: