Tuesday, March 23, 2010

Pencarian Pantai Terindah -part 17-


Setelah check in dan makan siang, kita melakukan snorkeling pertama di Cela-Cela Point, kemudian bergerak mengikuti arus ke Tawara Point. Pertama kali menceburkan diri dan menyaksikan taman laut Bunaken, perasaan benar-benar takjub meliputi gw.

Gw langsung terhipnotis oleh keindahan gugusan terumbu karang alami yang dipenuhi deretan aneka ikan warna-warni. Perasaan antusias gw membuncah, gw gak tau gimana mengungkapkan perasaan senang gw. Gw lirik temen-temen, seperti mereka merasakan hal yang sama, gw bisa melihat itu dari pancaran mata di balik masker selam mereka.

Lokasi snorkeling ini berbentuk landai dan dipenuhi terumbu karang yang kaya dengan beragam jenis ikan dan biota laut. Selang beberapa belas meter menjauhi bibir pantai, taman laut ini seolah patah (drop off) ke kedalaman tak berdasar. Di tebing laut ini, ribuan ikan warna-warni saling berkejaran dengan anggunnya.

Tiba-tiba Adit nyolek dan nunjuk ke arah kanan, ada ikan unik apakah gerangan? Gw lirik, ada cewe pake baju renang two piece corak polkadot berenang dengan jumawa di depan gw. Langsung gw gelagepan, sempet nelen air laut mungkin seperapat liter. Gw gak tau harus marah ato berterima kasih sama Adit.

Tak terasa sudah hampir 30 menit kita snorkeling di sini. Sebelum pasang, kita pindah ke lokasi lain, yaitu Bunaken Timur 1 Point.

Cuma 10 menit menggunakan boat, kita sampai di Bunaken Timur 1 Point yang terletak di depan Pantai Pangalisang. Tanpa ba-bi-bu, kita langsung nyemplung ke tengah laut kayak kecebong ngeliat aer. Lokasi ini versi lebih cantiknya Tawara Point (buat gw pribadi sih).

Dengan berbekal sebungkus biskuat, kita memancing beraneka ikan warna warni untuk mendekat ke kita. Benar-benar sensasi yang menakjubkan berenang dikelilingi ikan yang berupaya memakan remah-remah biskuat yang kita sebarin dari tangan kita.

Berhubung gw terlalu asik, gw gak sempat menghiraukan panggilan anak-anak yang sempat melihat ikan pari. Gagal deh gw lihat ikan pari, tapi gw cukup beruntung bisa melihat seekor penyu.

Menurut Om Berti, biasanya penyu-penyu berenang di point ini. Sayangnya sore ini banyak kapal lalu lalang melintasi titik ini, jadi sepertinya mereka sudah turun ke dasar laut. Tapi Om Berti gak menyerah, kita diajak bergelantungan pada boat dengan seutas tali untuk mencari penyu-penyu tersebut. Rasanya seru snorkeling sambil ditarik boat! Walaupun akhirnya kita gagal menemukan penyu-penyu tersebut, gw bisa bilang kalau petualangan laut kita hari ini layak diberi predikat : TOP GAN!!!

Hari sudah menjelang senja, saatnya kita pulang. Kita akhiri petualangan kita hari ini dengan berfoto berlatar Manado Tua.



No comments: